Pendidikan Masih Kurang Berkualitas Secara Keseluruhan

Pendidikan memegang peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing. Oleh sebab itu hendaknya pendidikan dikelola secara baik demi meningkatkan kualitas maupun kuantitasnya. Hal tersebut dapat tentu tercapai apabila anak didik dapat menyelesaikan pendidikan tepat pada waktunya dengan hasil belajar yang baik.

Menurut data, sudah menjadi kenyataan bahwa Negara Indonesia dalam kualitas pendidikan berada diperingkat 109, sedangkan Malaysia yang merupakan Negara serumpun berada diperingkat 61 dari sejumlah negara-negara di dunia ini. Hasil penelitian tersebut memperlihatkan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia masih jauh dari cita-cita luhur kemerdekaan bangsa Indonesia dan bahkan tertinggal sangat jauh dari kemajuan yang telah dicapai oleh Negara-negara tetangga.

Lebih lanjut (The Third Mathematic Science Study, 2000) memberikan informasi bahwa siswa sekolah menengah Indonesia berada pada posisi enam terbawah dari tiga puluh delapan negara. Sementara itu hasil PISA (Programme for Internasional Student Assessment, 2012) menunjukkan bahwa kemampuan siswa Indonesia di tiga bidang yakni Membaca, Matematika, dan Sains umumnya masih rendah, Indonesia masih diperingkat terbawah. tentu hal ini butuh perbaikan agar generasi anak bangsa yang masih muda dapat terjamin perkembangannya agar Indonesia mejadi negara maju kedepannya.

Semoga ditahun 2014 ini menjadi cambukan kepada para pendidik dan kementrian pendidikan untuk berbenah sehingga resolusi untuk tahun 2014 adalah memperbaiki kualitas pendidikan bangsa dan disertai pemerataan pendidikan disegala lini bagi seluruh daerah di Indonesia terkhususnya pulau-pulau terluar dapat denagn serius dikerjakan oleh pemerintah.

Demikian juga bagi para tenaga pendidik dan kependidikan (guru, dosen) agar benar-benar serius dalam menjalankan kewajibannya sebagai seorang pendidik yang berkualitas, tidak hanya berburu materi namun materi akan menjadi sebuah hasil yang pasti jika kemajuan pendidikan di Indonesia berjalan dengan signifikan dan merata.

Kita berharap semoga perbaikan pendidikan ini menjadi resolusi bersama agar tahun 2014 ini pendidikan lebih maju dan berkembang sehinga dalam pelaksanaan test PISA (Programme for Internasional Student Assessment) yang akan dilakukan pada tahun 2015 mendatang, Indonesia akan memberikan bukti kemajuan lewat peningkatan peringkat dan kualitas anak-anak Indonesia.

Semoga setiap pemegang kebijakan dapat saling bersinergi untuk mendukung perbaikan kualitas pendidikan anak bangsa dan menjadi resolusi besar bersama sehingga bahu-membahu untuk mewujudkannya.

Dibaca : 46 kali

sumber:http://m.kompasiana.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *