cara rutin menghilangkan ngantuk di pagi hari

Penyebab mengantuk di pagi hari selain begadang tentu banyak. Cara mengatasi rasa kantuk yang sering menyerang sebenarnya mudah. Ingin mengusir kantuk agar tidak mengganggu pekerjaan? Simak tips berikut ini.

Seorang rekan yang memiliki toko pakaian online mengaku sering mengalami rasa kantuk berlebihan karena harus bekerja hingga larut malam. Meski cukup tidur, tak sedikit orang yang tetap mengantuk di pagi hari.

Padahal, untuk menjalani aktivitas seharian, tubuh memerlukan kesegaran agar lebih semangat. Di bawah ini adalah kebiasaan yang bisa Anda lakukan agar tidak terkantuk-kantuk saat berangkat kerja.

1. Biarkan sinar matahari masuk ke dalam kamar
Usahakan tirai jendela kamar terbuka setengah agar cahaya matahari terbit masuk ke ruangan. Ini bermanfaat untuk mengirimkan sinyal ke otak agar memperlambat produksi melatonin dan meningkatkan produksi adrenalin. Ingat, tidur lebih awal juga akan membantu Anda langsung terbangun saat matahari pagi masuk.

2. Setel alarm 15 menit lebih awal
Bila selama ini Anda memasang alarm tepat waktu, tak heran bila Anda tergesa-gesa bangun karena terlambat. Setel alarm 15 menit lebih awal bisa membantu Anda beranjak perlahan-lahan dan fisik juga mental pun siap.

3. Peregangan badan sambil membuka mata
Selama 15 menit, regangkan badan di tempat tidur bahkan sebelum Anda membuka mata. Angkat lengan Anda dan mulailah dengan meregangkan jari-jari, tangan, pergelangan tangan, dan lengan Anda. Lalu lanjutkan ke bagian tubuh lain seperti jari kaki, kaki, pergelangan kaki, dan kaki. Barulah meregangkan leher dan punggung sehingga tubuh terdorong bangkit.

4. Mengambil vitamin A
Vitamin A baik untuk membuat Anda lebih berenergi sehingga semakin semangat.

5. Persiapkan keperluan Anda sejak malam hari
Apa yang Anda perlukan esok pagi? Siapkan dari malam ini agar esok lebih santai. Mulai dari pakaian apa, sarapan dengan apa dan rute mana yang dilalui.

6. Menyeduh kopi
Aktivitas otot bisa ditingkatkan lewat secangkir kopi. Minuman mengandung kafein ini baik untuk meningkatkan kebahagiaan, ketenangan dan kewaspadaan.

sumber:http://getache.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *