MATI

“…Maka apabila telah tiba ajal bagi mereka ,tidaklah mereka dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak pula memajukannya “. Qs An Nahl ; 61

Mati sebuah kalimat yang sangat mengerikan bagi orang – orang yang tidak beriman .Kematian merupakan suatu tahapan yang harus dilalui oleh setiap makluk yang berjiwa demikian firman Allah di dalam Qs Ali Imran ; 185 dimana pada saat itu berpisahnya antara tubuh ,nyawa /jiwa dan roh .Tubuh (jasmani) sebagai tempat dari nyawa /jiwa dan roh (ruhani) selama di dunia .Selama menjadi manusia (jasmani dan ruhani) maka kita adalah makhluk ciptaan Allah yang paling mulia dan sempurna .Pada saat kematian datang maka kita sudah bukan manusia dan kita akan menjadi manusia lagi pada saat setelah hari kiamat .Inilah firman Allah yang memberitakan kepada manusia bagaimana pada saat malaikat pencabut nyawa itu mencabut nyawa mereka yang selama di dunia berbuat kekafiran ,“ Seandainya kamu melihat ketika para malaikat mencabut nyawa orang –orang kafir sambil memukul muka dan belakang mereka : “ Rasakanlah olehmu siksa neraka yang membakar “, Qs Al Anfal ; 50 .

Ketakutan akan kematian senantiasa menghantui ini disebabkan karena minimnya pengetahuan kita akan kehidupan sesudah di dunia .Alam kubur /alam barzah adalah : “ Allah memegang jiwa manusia ketika matinya dan memegang jiwa manusia yang belum mati di waktu tidurnya .Maka Dia tahanlah jiwa manusia yang telah Dia tetapkan kematiannya .Dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan “.Qs As Zumar ; 42 .Alam barzah termasuk alam gaib dimana tidak ada yang tahu selain Allah .Semua orang pasti pernah ke alam barzah bahkan hampir setiap hari kita selalu dibawa Allah pergi ke sana . Seperti itulah kenyataannya apabila kita perhatikan berdasarkan firman Allah di atas .Adapun pengetahuan tentang alam barzah yang ditunjukkan Allah kepada Rasul Nya juga sangat terbatas .Kejadian yang disebut dengan kematian itu adalah berpisahnya antara tubuh (kembali ke tanah) ,nyawa dan jiwa (ke alam barzah /alam kubur) ,roh (kembali kepada Allah) .Alam barzah adalah alam penantian merupakan alam kehidupan nyawa dan jiwa manusia hingga datangnya hari kiamat . Alam barzah merupakan alam dimana manusia sudah mendapatkan sebagian dari hasil perbuatannya selama di dunia .Hingga kelak di akhirat semua amal perbuatan manusia akan dibalas disanalah kita kekal selamanya . Kenikmatan di alam barzah sama seperti kenikmatan yang kita rasakan di alam dunia demikian juga sebaliknya siksa dialam barzah sakitnya sama seperti di dunia karena hal itu sama seperti pada saat kita tidur dan bermimpi .Alam dunia ,alam barzah dan padang maksar semua itu berada di dunia ini ,demikian firman Allah Qs Al A’Raf ; 25 .

Perbedaannya adalah di alam barzah sudah dipisahkan antara mereka yang beriman dan yang kafir serta manusia sudah tidak memiliki kewajiban terhadap sesama manusia dan kepada Allah .Tidur merupakan sarana Allah untuk mengingatkan manusia bahwa kehidupan di dunia itu sementara dan kehidupan seperti pada saat mereka tidur (mimpi) disanalah manusia akan tinggal dalam waktu yang sangat lama agar manusia bertakwa kepada Allah .

Setiap manusia diberi waktu oleh Allah dan semuanya diserahkan kepada manusia digunakan untuk apakah waktu itu . Maka sudah menjadi ketetapan Allah bahwa sesungguhnya manusia itu merugi. Karena manusia tidak menggunakan waktu yang telah diberikan oleh Allah dengan sebaik –baiknya . kehidupan dunia ,harta ,jabatan ,istri /wanita ,anak ,tanah ,ternak benar –benar telah melenakan manusia dari jalan Allah .Dan setelah datangnya kematian maka sia – sialah semua penyesalannya .Maka : Ingatlah selalu akan Tuhanmu ,Ingatlah selalu akan matimu dan Kasihilah sesamamu .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *