Doa Selamat

ALLAHUMMA INNAA NAS-
ALUKA SALAAMATAN
FIDDIIN, WA’AAFIYATAN
FILJASADI,
WAZIYAADATAN FIL’ILMI,
WABARAKATAN FIRRIZQI WATAUBATAN QABLAL
MAUTI, WARAHMATAN
‘INDAL MAUTI
WAMAGHFIRATAM BA’DAL
MAUUT, ALLAAHUMMA
HAWWIN ‘ALAYNAA FII SAKARAATIL MAUTI
WANNAJAATA
MINANNAARI WAL’AF-WA
‘IN-DAL HISAAB.
RABBANAA LAA TUZIGH
QULUUBANAa BA’DA IDZ HADAYTANAA WAHAB
LANAA MILLADUNG-KA
RAHMAH. INNAKA ANTAL
WAHHAAB. RABBANAA
AATINAA FIDDUN-YAA
HASANAH, WA FIL AAKHIRATI HASANAH,
WAQINAA ‘A-
DZAABANNAR “Ya Allah, sesungguhnya
kami memohon kepada-Mu
keselamatan didalam agama,
sehat jasmani, tambah ilmu
dan keberkahan rizki, dapat
bertobat sebelum mati, memperoleh rahmat ketika
mati dan memperoleh
ampunan setelah mati. YA
Allah, ringankanlah kami
ketika sakaratul maut, jauh
dari neraka dan memperoleh ampunan pada hari hisab. Ya
Allah janganlah Engkau ubah
hati kami setelah engkau
memberi petunjuk kepada
kami dan berilah kami
rahmat dari sisi Engkau. Sesungguhnya Engkau
adalah Maha Pemberi. Wahai
Tuhan kami, berilah kami
kebajikan di dunia dan
kebajikan di akhirat dan
peliharalah kami dari azab neraka”

DOA QUNUT NAZILAH DAN TERJEMAHAN

“Ya Allah, sesungguhnya kami
letakkan Engkau di batang
leher musuh-musuh kami, dan
kami berlindung denganMU
dari kejahatan mereka. Ya
Allah, hancur leburkanlah kumpulan-kumpulan mereka!
Kacau-bilaukan persatuan
mereka! Cerai-beraikan
pakatan mereka! Goncangkan
pendirian mereka! Hantarkan
ke atas mereka anjing-anjing Kamu! Wahai Tuhan Yang
Gagah Perkasa, Wahai Tuhan
Yang Bersifat Murka, Wahai
Tuhan Yang Maha Menyiksa,
Ya Allah, Ya Allah, Ya Allah.
Wahai Tuhan yang menurunkan Al-Quran, wahai
Tuhan yang menggerakkan
awanan, wahai Tuhan yang
menewaskan bala tentera
Ahzab, kalahkanlah mereka,
menangkanlah kami ke atas mereka…” Ya Allah, sesungguhnya kami
bermohon pertolonganMU,
kami meminta ampun
kepadaMU, kami memohon
petunjuk dariMU, kami
beriman kepadaMU, kami berserah kepadaMU dan kami
memujiMU dengan segala
kebaikan, kami mensyukuri
dan tidak mengkufuriMU. Ya
Allah, hentikanlah segala
macam kezaliman dan permusuhan, bantulah
saudara-saudara seIslam kami
di mana sahaja mereka
berada. Angkatlah dari
mereka kesusahan, bala,
peperangan dan permusuhan. Ya Allah, selamatkanlah
saudara seIslam kami di Gaza
yang dizalimi oleh kekejaman
rejim zionis dari segala
keburukan dan hindarkanlah
mereka segala bala, kerana tiada sesiapa yang dapat
menghindarkannya
melainkan Engkau, ya Allah.
Allahumma Aameen.

Doa Tahlil

BACAAN TAHLIL Bacaan-bacaan detail tahlhl
ada sedikit perbedaan
antara satu daerah dengan
daerah yang lain walaupun
tidak begitu prinsip. Bacaan
di bawah merupakan standar umum bacaan tahlil.
Catatan: Surat Al-Ikhlas
dibaca 3x. Sedang surat Al
Falaq dan An Nas masing-
masing dibaca sekali. ِﻦﻤْﺣَّﺮﻟﺍ ِﻪﻠﻟﺍ ِﻢْﺳ ِﻢْﻴِﺣَّﺮﻟﺍ ٌﺪَﺣَﺃ ُﻪَّﻠﻟﺍ َﻮُﻫ ْﻞُﻗ ْﻢَﻟ ُﺪَﻤَّﺼﻟﺍ ُﻪَّﻠﻟﺍ ْﺪَﻟﻮُﻳ ْﻢَﻟَﻭ ْﺪِﻠَﻳ ُﻪَﻟ ْﻦُﻜَﻳ ْﻢَﻟَﻭ ﺪَﺣَﺃ ﺍًﻮُﻔُﻛ ُﻪﻠﻟَﺍ ُﻪﻠﻟﺍ ﺎَّﻟِﺇ َﻪﻟِﺇ َﻻ ِﻪّﻠِﻟَﻭ ْﺮَﺒْﻛَﺃ ُﺪْﻤَﺤﻟْﺍ ِّﺏَﺮِﺑ ُﺫﻮُﻋَﺃ ْﻞُﻗ ﺎَﻣ ِّﺮَﺷ ﻦِﻣ * ِﻖَﻠَﻔْﻟﺍ ِّﺮَﺷ ﻦِﻣَﻭ * َﻖَﻠَﺧ * َﺐَﻗَﻭ ﺍَﺫِﺇ ٍﻖِﺳﺎَﻏ ِّﺮَﺷ ﻦِﻣَﻭ ﻰِﻓ ِﺖـَﺜـَّﻔَّﻨﻟﺍ ِّﺮَﺷ ﻦِﻣَﻭ * ِﺪَﻘُﻌْﻟﺍ َﺪَﺴَﺣ ﺍَﺫِﺇ ٍﺪِﺳﺎَﺣ ُﻪﻠﻟَﺍ ُﻪﻠﻟﺍ ﺎَّﻟِﺇ َﻪﻟِﺇ َﻻ ِﻪّﻠِﻟَﻭ ْﺮَﺒْﻛَﺃ ُﺪْﻤَﺤﻟْﺍ ِّﺏَﺮِﺑ ُﺫﻮُﻋَﺃ ْﻞُﻗ ِﺱﺎَّﻨﻟﺍ ِﻚِﻠَﻣ ِﺱﺎَّﻨﻟﺍ ْﻦِﻣ ِﺱﺎَّﻨﻟﺍ ِﻪَﻟِﺇ ِﺱﺍَﻮْﺳَﻮْﻟﺍ ِّﺮَﺷ ﻱِﺬَّﻟﺍ ِﺱﺎَّﻨَﺨْﻟﺍ ﻲِﻓ ُﺱِﻮْﺳَﻮُﻳ َﻦِﻣ ِﺱﺎَّﻨﻟﺍ ِﺭﻭُﺪُﺻ ِﺱﺎَّﻨﻟﺍَﻭ ِﺔَّﻨِﺠْﻟﺍ ُﻪﻠﻟَﺍ ُﻪﻠﻟﺍ ﺎَّﻟِﺇ َﻪﻟِﺇ َﻻ ِﻪّﻠِﻟَﻭ ْﺮَﺒْﻛَﺃ ُﺪْﻤَﺤﻟْﺍ ِﻪَّﻠﻟﺍ ِﻢْﺴِﺑ ِﻢﻴِﺣَّﺮﻟﺍ ِﻦَٰﻤْﺣَّﺮﻟﺍ ِّﺏَﺭ ِﻪَّﻠِﻟ ُﺪْﻤَﺤْﻟﺍ َﻦﻴِﻤَﻟﺎَﻌْﻟﺍ ِﻢﻴِﺣَّﺮﻟﺍ ِﻦَٰﻤْﺣَّﺮﻟﺍ ِﻦﻳِّﺪﻟﺍ ِﻡْﻮَﻳ ِﻚِﻟﺎَﻣ ُﺪُﺒْﻌَﻧ َﻙﺎَّﻳِﺇ ُﻦﻴِﻌَﺘْﺴَﻧ َﻙﺎَّﻳِﺇَﻭ َﻁﺍَﺮِّﺼﻟﺍ ﺎَﻧِﺪْﻫﺍ َﻁﺍَﺮِﺻ َﻢﻴِﻘَﺘْﺴُﻤْﻟﺍ َﺖْﻤَﻌْﻧَﺃ َﻦﻳِﺬَّﻟﺍ ِﺮْﻴَﻏ ْﻢِﻬْﻴَﻠَﻋ ْﻢِﻬْﻴَﻠَﻋ ِﺏﻮُﻀْﻐَﻤْﻟﺍ ْﻦﻴِﻣﺃ ﻦﻴِّﻟﺎَّﻀﻟﺍ ﺎَﻟَﻭ ِﻦﻤْﺣَّﺮﻟﺍ ِﻪﻠﻟﺍ ِﻢْﺴِﺑ َﻚِﻟَﺫ ﻢﻟﺍ .ِﻢْﻴِﺣَّﺮﻟﺍ َﺐْﻳَﺭَﻻ ُﺏﺎَﺘِﻜﻟْﺍ ﻯًﺪُﻫ ِﻪْﻴِﻓ .َﻦْﻴِﻘَّﺘُﻤْﻠِﻟ َﻥْﻮُﻨِﻣْﺆُﻳ َﻦْﻳِﺬَّﻟَﺍ ِﺐْﻴَﻐْﻟﺎِﺑ َﻥْﻮُﻤْﻴِﻘُﻳَﻭ ﺎَّﻤِﻣَﻭ َﺓَﻼَّﺼﻟﺍ ْﻢُﻫﺎَﻨْﻗَﺯَﺭ .َﻥْﻮُﻘِﻔْﻨُﻳ َﻦْﻳِﺬَّﻟﺍَﻭ ﺎَﻤِﺑ َﻥْﻮُﻨِﻣْﺆُﻳ ﺎَﻣَﻭ َﻚْﻴَﻟِﺇ َﻝِﺰْﻧُﺃ َﻚِﻠْﺒَﻗ ْﻦِﻣ َﻝِﺰْﻧُﺃ ْﻢُﻫ ِﺓَﺮِﺧﺎْﻟﺎِﺑَﻭ َﻚِﺌﻟﻭُﺍ .َﻥْﻮُﻨِﻗْﻮُﻳ ْﻦِﻣ ﻯًﺪُﻫ ﻰَﻠَﻋ َﻚِﺌﻟﻭُﺍَﻭ ْﻢِﻬِّﺑَﺭ .َﻥْﻮُﺤِﻠْﻔُﻤْﻟﺍ ُﻢُﻫ ٌﺪِﺣﺍَﻭ ُﻪﻟِﺇ ْﻢُﻜُﻬﻟِﺇَﻭ َﻮُﻫ َّﻻِﺇ َﻪﻟِﺇَﻻ ُﻢْﻴِﺣَّﺮﻟﺍ ُﻦﻤْﺣَّﺮﻟﺍ َﻮُﻫ َّﻻِﺍ َﻪَﻟِﺇ َﻻ ُﻪﻠﻟﺍ ُﻡْﻮُّﻴَﻘْﻟﺍ ُّﻲَﺤﻟْﺍ ٌﺔَﻨِﺳ ﻩُﺬُﺧْﺄَﺗَﻻ ﻰِﻓﺎَﻣ ُﻪَﻟ .ٌﻡْﻮَﻧَﻻَﻭ ﻰِﻓﺎَﻣَﻭ ِﺕﺍَﻭﺎَﻤَّﺴﻟﺍ ْﻦَﻣ ِﺽْﺭَﻷْﺍ ُﻊَﻔْﺸَﻳ ﻯِﺬَّﻟﺍَﺫ ِﻪِﻧْﺫِﺈِﺑ َّﻻِﺇ ُﻩَﺪْﻨِﻋ َﻦْﻴَﺑﺎَﻣ ُﻢَﻠْﻌَﻳ ﺎَﻣَﻭ ْﻢِﻬْﻳِﺪْﻳَﺃ ْﻢُﻬَﻔْﻠَﺧ َﻥْﻮُﻄْﻴِﺤُﻳَﻻَﻭ ِﻪِﻤْﻠِﻋ ْﻦِﻣ ٍﺀْﻲَﺸِﺑ َﻊِﺳَﻭ َﺀﺎَﺷ ﺎَﻤِﺑ َّﻻِﺇ ُﻪُّﻴِﺳْﺮُﻛ ِﺕﺍَﻭﺎَﻤَّﺴﻟﺍ َﻻَﻭ ِﺽْﺭَﻷْﺍَﻭ ﺎَﻤُﻬُﻈْﻔِﺣ ُﻩُﺩﺆَﻳ ُّﻲِﻠَﻌْﻟﺍ َﻮُﻫَﻭ ِﻪّﻠِﻟ .ُﻢْﻴِﻈَﻌْﻟﺍ ِﺕﺍَﻭﺎَﻤَّﺴﻟﺍ ﻰِﻓﺎَﻣ ِﺽْﺭَﻷْﺍ ﻲﻓ ﺎَﻣَﻭ ﻰِﻓﺎَﻣ ﺍْﻭُﺪْﺒُﺗ ْﻥِﺇَﻭ ْﻭَﺃ ْﻢُﻜِﺴُﻔْﻧَﺃ ُﻩْﻮُﻔْﺨُﺗ ِﻪﻠﻟﺍ ِﻪِﺑ ْﻢُﻜْﺒِﺳﺎَﺤُﻳ ْﻦَﻤِﻟ ُﺮِﻔْﻐُﻴَﻓ ُﺏِّﺬَﻌُﻳَﻭ ُﺀﺎَﺸَﻳ ُﻪﻠﻟﺍَﻭ .ُﺀﺎَﺸَﻳ ْﻦَﻣ ٍﺀْﻲَﺷ ِّﻞُﻛ ﻰَﻠَﻋ َﻦَﻣﺍ .ٌﺮْﻳِﺪَﻗ ﺎَﻤِﺑ ُﻝْﻮُﺳَّﺮﻟﺍ ْﻦِﻣ ِﻪْﻴَﻟِﺍ َﻝِﺰْﻧُﺃ ِﻪَّﺑَﺭ ٌّﻞُﻛ .َﻥْﻮُﻨِﻣْﺆُﻤْﻟﺍَﻭ ِﻪﻠﻟﺎِﺑ َﻦَﻣﺍ ِﻪِﺘَﻜِﺋَﻼَﻣَﻭ ِﻪِﻠُﺳُﺭَﻭ ِﻪِﺒُﺘُﻛَﻭ َﻦْﻴَﺑ ُﻕِّﺮَﻔُﻧَﻻ ِﻪِﻠُﺳُﺭ ْﻦِﻣ ٍﺪَﺣَﺃ ﺎَﻨْﻌِﻤَﺳ ﺍْﻮُﻟﺎَﻗَﻭ َﻚَﻧﺍَﺮْﻔُﻏ ﺎَﻨْﻌَﻃَﺃَﻭ َﻚْﻴَﻟِﺇَﻭ ﺎَﻨَّﺑَﺭ ُﻒِّﻠَﻜُﻳَﻻ .ُﺮْﻴِﺼَﻤْﻟﺍ ﺎَﻬَﻌْﺳُﻭ َّﻻِﺇ ﺎًﺴْﻔَﻧ ْﺖَﺒَﺴَﻛﺎَﻣ ﺎَﻬَﻟ ﺎَﻬْﻴَﻠَﻋَﻭ ﺎَﻨَّﺑَﺭ ْﺖَﺒَﺴَﺘْﻛﺍﺎَﻣ ْﻥِﺇ ﺎَﻧْﺬِﺧﺍَﺆُﺗَﻻ ْﻭَﺃ َﻦْﻴِﺴَﻧ َﻻَﻭ ﺎَﻨَّﺑَﺭ ﺎَﻨْﻌَﻄْﺧَﺃ ﺍًﺮْﺻِﺇ ﺎَﻨْﻴَﻠَﻋ ْﻞِﻤْﺤَﺗ ﻰَﻠَﻋ ُﻪَﺘْﻠَﻤَﺣ ﺎَﻤَﻛ ﺎَﻨِﻠْﺒَﻗ ْﻦِﻣ َﻦْﻳِﺬَّﻟﺍ ﺎَﻨْﻠِّﻤَﺤُﺗ َﻻَﻭ ﺎَﻨَّﺑَﺭ ِﻪِﺑ ﺎَﻨَﻟ َﺔَﻗﺎَﻃَﻻﺎَﻣ ْﺮِﻔْﻏﺍَﻭ ﺎَّﻨَﻋ ُﻒْﻋﺍَﻭ 7 ﺎَﻨْﻤَﺣْﺭﺍَﻭ ﺎَﻨَﻟ ﺎَﻧَﻻْﻮَﻣ َﺖْﻧَﺃ ﻰَﻠَﻋ ﺎَﻧْﺮُﺼْﻧﺎَﻓ .َﻦْﻳِﺮِﻓﺎَﻜْﻟﺍ ِﻡْﻮَﻘْﻟﺍ َﻢَﺣْﺭَﺃﺎَﻳ ﺎَﻨْﻤَﺣْﺭِﺇ 7 َﻦْﻴِﻤِﺣﺍَّﺮﻟﺍ ﺎَّﻨَﻋ ْﻑِﺮْﺻﺍ ّﻢﻬّﻠﻟﺃ َﺖْﺌِﺷ ﺎَﻤِﺑ َﺀْﻮُّﺴﻟﺍ َﻚَّﻧِﺇ َﺖْﺌِﺷ َﻒْﻴَﻛَﻭ ُﺀﺎَﺸَﺗﺎَﻣ ﻰَﻠَﻋ 3 ُﺮْﻳِﺪَﻗ ِﻪﻠﻟﺍ ُﺔَﻤْﺣَﺭَﻭ ْﻢُﻜْﻴَﻠَﻋ ُﻪُﺗﺎَﻛَﺮَﺑَﻭ ُﻪَّﻧِﺇ ِﺖْﻴَﺒْﻟﺍ َﻞْﻫَﺃ .ٌﺪْﻴِﺠَﻣ ٌﺪْﻴِﻤَﺣ ُﻪﻠﻟﺍ ُﺪْﻳِﺮُﻳ ﺎَﻤَّﻧِﺇ ُﻢُﻜْﻨَﻋ َﺐِﻫْﺬُﻴِﻟ َﻞْﻫَﺃ َﺲْﺟِّﺮﻟﺍ ِﺖْﻴَﺒْﻟﺍ ْﻢُﻛَﺮِّﻬَﻄُﻳَﻭ َﻪﻠﻟﺍ َّﻥِﺇ .ﺍًﺮْﻴِﻬْﻄَﺗ ُﻪَﺘَﻜِﺋَﻼَﻣَﻭ ﻰَﻠَﻋ َﻥْﻮُّﻠَﺼُﻳ ﺎَﻬُّﻳَﺃ ﺎَﻳ ﻲِﺒَّﻨﻟﺍ ﺍْﻮُﻨَﻣﺃ َﻦْﻳِﺬَّﻟﺍ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ﺍْﻮُّﻠَﺻ .ﺎَﻤْﻴِﻠْﺴَﺗ ﺍْﻮُﻤِّﻠَﺳَﻭ ِّﻞَﺻ َّﻢُﻬّﻠﻟَﺃ ِﺓَﻼَّﺼﻟﺍ َﻞَﻀْﻓَﺃ ِﺪَﻌْﺳَﺃ ﻰَﻠَﻋ ِﺭْﻮُﻧ َﻚِﺗﺎَﻗْﻮُﻠْﺨَﻣ ﺎَﻧِﺪِّﻴَﺳ ﻯَﺪُﻬْﻟﺍ ٍﺪَّﻤَﺤُﻣ َﺎﻧَﻻْﻮَﻣَﻭ ﺎَﻧِﺪِّﻴَﺳ ِﻝَﺃ ﻰَﻠَﻋَﻭ َﺩَﺪَﻋ .ْﺪَّﻤَﺤُﻣ َﻚِﺗﺎَﻣْﻮُﻠْﻌَﻣ َﻚِﺗﺎَﻤِﻠَﻛ َﺩﺍَﺪِﻣَﻭ َﻙَﺮَﻛَﺫ ﺎَﻤَّﻠُﻛ َﻞَﻔَﻏَﻭ .َﻥْﻭُﺮِﻛﺍَّﺬﻟﺍ َﻙِﺮْﻛِﺫ ْﻦَﻋ .َﻥْﻮُﻠِﻓﺎَﻐْﻟﺍ ِّﻞَﺻ َّﻢُﻬّﻠﻟَﺃ ِﺓَﻼَّﺼﻟﺍ َﻞَﻀْﻓَﺃ ِﺪَﻌْﺳَﺃ ﻰَﻠَﻋ َﻚِﺗﺎَﻗْﻮُﻠْﺨَﻣ ﻰَﺤُّﻀﻟﺍ ِﺲْﻤَﺷ َﺎﻧَﻻْﻮَﻣَﻭ ﺎَﻧِﺪِّﻴَﺳ ِﻝَﺃ ﻰَﻠَﻋَﻭ ٍﺪَّﻤَﺤُﻣ ﺎَﻧِﺪِّﻴَﺳ َﺩَﺪَﻋْﺪَّﻤَﺤُﻣ َﻚِﺗﺎَﻣْﻮُﻠْﻌَﻣ َﻚِﺗﺎَﻤِﻠَﻛ َﺩﺍَﺪِﻣَﻭ َﻙَﺮَﻛَﺫ ﺎَﻤَّﻠُﻛ َﻞَﻔَﻏَﻭ .َﻥْﻭُﺮِﻛﺍَّﺬﻟﺍ َﻙِﺮْﻛِﺫ ْﻦَﻋ َﻥْﻮُﻠِﻓﺎَﻐْﻟﺍ ِّﻞَﺻ َّﻢُﻬّﻠﻟَﺃ ِﺓَﻼَّﺼﻟﺍ*َﻞَﻀْﻓَﺃ ِﺪَﻌْﺳَﺃ ﻰَﻠَﻋ ِﺭْﺪَﺑ َﻚِﺗﺎَﻗْﻮُﻠْﺨَﻣ ﺎَﻧِﺪِّﻴَﺳ ﻰَﺟُّﺪﻟﺍ ٍﺪَّﻤَﺤُﻣ َﺎﻧَﻻْﻮَﻣَﻭ ﺎَﻧِﺪِّﻴَﺳ ِﻝَﺃ ﻰَﻠَﻋَﻭ َﺩَﺪَﻋ .ْﺪَّﻤَﺤُﻣ َﻚِﺗﺎَﻣْﻮُﻠْﻌَﻣ َﻚِﺗﺎَﻤِﻠَﻛ َﺩﺍَﺪِﻣَﻭ َﻙَﺮَﻛَﺫ ﺎَﻤَّﻠُﻛ َﻞَﻔَﻏَﻭ .َﻥْﻭُﺮِﻛﺍَّﺬﻟﺍ َﻙِﺮْﻛِﺫ ْﻦَﻋ .َﻥْﻮُﻠِﻓﺎَﻐْﻟﺍ َﻲِﺿَﺭَﻭ ْﻢِّﻠَﺳَﻭ ْﻦَﻋ ﻰَﻟﺎَﻌَﺗ ُﻪﻠﻟﺍ ِﺏﺎَﺤْﺻَﺃ ﺎَﻨِﺗَﺩﺎَﺳ ِﻪﻠﻟﺍ ِﻝْﻮُﺳَﺭ .َﻦْﻴِﻌَﻤْﺟَﺃ َﻢْﻌِﻧَﻭ ﻪﻠﻟﺍ ﺎَﻨُﺒْﺴَﺣَﻭ َﻢْﻌِﻧ ُﻞْﻴِﻛَﻮْﻟﺍ َﻢْﻌِﻧَﻭ ﻰَﻟْﻮَﻤْﻟﺍ َﻝْﻮَﺣَﻻَﻭ .ُﺮْﻴِﺼَّﻨﻟﺍ ِﻪﻠﻟﺎِﺑ َّﻻِﺇ َﺓَّﻮُﻗَﻻَﻭ ِﻢْﻴِﻈَﻌْﻟﺍ ِّﻲِﻠَﻌْﻟﺍ َﻪﻠﻟﺍ ُﺮِﻔْﻐَﺘْﺳَﺃ 3 ﻢْﻴِﻈَﻌْﻟﺍ ِﺮْﻛِّﺬﻟﺍ ُﻞَﻀْﻓَﺃ َﻪﻟِﺇَﻻ ُﻪَّﻧَﺃ ْﻢَﻠْﻋﺎَﻓ ٌّﻲَﺣ ُﻪﻠﻟﺍ َّﻻِﺇ َّﻻِﺇ َﻪﻟِﺇَﻻ ٌﺩْﻮُﺟْﻮَﻣ ٌﺩْﻮُﺒْﻌَﻣ ٌّﻲَﺣ ُﻪﻠﻟﺍ ٌّﻲَﺣ ُﻪﻠﻟﺍ َّﻻِﺇ َﻪﻟِﺇَﻻ , ٍﻕﺎَﺑ 100 ُﻪﻠﻟﺍ َّﻻِﺇ َﻪﻟِﺇَﺍ َﻪﻟِﺇَﻻ ُﻪﻠﻟﺍ َّﻻِﺇ َﻪﻟِﺇَﻻ ُﻪﻠﻟﺍ َّﻻِﺇ ُﻪﻠﻟﺍ َّﻻِﺇ َﻪﻟِﺇَﻻ ﻪﻠﻟﺍ ُّﻲِﺒَﻧ ٌﺪَّﻤَﺤُﻣ ُﻪﻠﻟﺍ َّﻻِﺇ َﻪﻟِﺇَﻻ ﻪﻠﻟﺍ ُﻝْﻮُﺳَﺭ ٌﺪَّﻤَﺤُﻣ ﻰَﻠَﻋ ِّﻞَﺻ َّﻢُﻬّﻠﻟَﺃ َّﻢُﻬّﻠﻟَﺃ ْﺪَّﻤَﺤُﻣ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ِّﻞَﺻ ْﻢِّﻠَﺳَﻭ ﻰَﻠَﻋ ِّﻞَﺻ َّﻢُﻬّﻠﻟَﺃ ِّﺏَﺭﺎَﻳ ْﺪَّﻤَﺤُﻣ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ِّﻞَﺻ ْﻢِّﻠَﺳَﻭ ﻰَﻠَﻋ ُﻪﻠﻟﺍ ﻰَّﻠَﺻ ُﻪﻠﻟﺍ ﻰَّﻠَﺻ ْﺪَّﻤَﺤُﻣ ْﻢَّﻠَﺳَﻭ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ِﻩِﺪْﻤَﺤِﺑَﻭ ﻪﻠﻟﺍ َﻥﺎَﺤْﺑ ِﻪﻠﻟﺍ َﻥﺎَﺤْﺒُﺳ 33 ِﻢْﻴِﻈَﻌْﻟﺍ ﻰَﻠَﻋ ِّﻞَﺻ َّﻢُﻬّﻠﻟَﺃ ﺎَﻧِﺪِّﻴَﺳ َﻚِﺒْﻴِﺒَﺣ ِﻪِﻟﺍ ﻰَﻠَﻋَﻭ ْﺪَّﻤَﺤُﻣ ْﻢِّﻠَﺳَﻭ ِﻪِﺒْﺤَﺻَﻭ ﻰَﻠَﻋ ِّﻞَﺻ َّﻢُﻬّﻠﻟَﺃ ﺎَﻧِﺪِّﻴَﺳ َﻚِﺒْﻴِﺒَﺣ ِﻪِﻟﺍ ﻰَﻠَﻋَﻭ ْﺪَّﻤَﺤُﻣ ْﻙِﺭﺎَﺑَﻭ ِﻪِﺒْﺤَﺻَﻭ ْﻢِّﻠَﺳَﻭ ﻰَﻠَﻋ ِّﻞَﺻ َّﻢُﻬّﻠﻟَﺃ ﺎَﻧِﺪِّﻴَﺳ َﻚِﺒْﻴِﺒَﺣ ِﻪِﻟﺍ ﻰَﻠَﻋَﻭ ْﺪَّﻤَﺤُﻣ ْﻙِﺭﺎَﺑَﻭ ِﻪِﺒْﺤَﺻَﻭ ْﻢِّﻠَﺳَﻭ ﺔﺤﺗﺎﻔﻟﺍ .َﻦْﻴِﻌَﻤْﺟَﺃ DOA SETELAH TAHLIL Bacaan doa setelah tahlil
selesai adalah sebagai
berikut (pilih salah satu): DOA TAHLIL I: َﻦِﻣ ِﻪﻠﻟﺎِﺑ ُﺫْﻮُﻋَﺃ .ِﻢْﻴِﺟَّﺮﻟﺍ ِﻥﺎَﻄْﻴَّﺸﻟﺍ ﻦﻤْﺣَّﺮﻟﺍ ِﻪﻠﻟﺍ ِﻢْﺴِﺑ ُﺪْﻤَﺤْﻟَﺍ .ِﻢْﻴِﺣَّﺮﻟﺍ ِّﺏَﺭ ِﻪّﻠِﻟ َّﻢُﻬّﻠﻟَﺃ .َﻦْﻴِﻤَﻟﺎَﻌﻟْﺍ ﻰَﻠَﻋ ْﻢِّﻠَﺳَﻭ ِّﻞَﺻ ٍﺪَّﻤَﺤُﻣ َﺎﻧِﺪِّﻴَﺳ َﻦْﻴِﻟَّﻭَﻷْﺍ ﻰِﻓ ْﻢِّﻠَﺳَﻭ ِّﻞَﺻَﻭ َﺎﻧِﺪِّﻴَﺳ ﻰَﻠَﻋ ﻰِﻓ ٍﺪَّﻤَﺤُﻣ ِّﻞَﺻَﻭ َﻦْﻳِﺮِﺧﻷْﺍ ﻰَﻠَﻋ ْﻢِّﻠَﺳَﻭ ٍﺪَّﻤَﺤُﻣ َﺎﻧِﺪِّﻴَﺳ ٍﺖْﻗَﻭ ِّﻞُﻛ ﻰِﻓ ِّﻞَﺻَﻭ ٍﻦْﻴِﺣَﻭ ﻰَﻠَﻋ ْﻢِّﻠَﺳَﻭ ٍﺪَّﻤَﺤُﻣ َﺎﻧِﺪِّﻴَﺳ ﻰَﻠْﻋَﻷْﺍ ِﺈَﻠَﻤﻟْﺍ ﻰِﻓ . ِﻦْﻳِّﺪﻟﺍ ِﻡْﻮَﻳ ﻰَﻟِﺇ ْﻞَﻌْﺟﺍ َّﻢُﻬّﻠﻟَﺃ ﺎَﻣ َﺏﺍَﻮَﺛ ْﻞِﺻْﻭَﺃَﻭ َﻦِﻣ ُﻩﺎَﻧْﺃَﺮَﻗ . ِﻢْﻴِﻈَﻌْﻟﺍ ِﻥﺃْﺮُﻘﻟْﺍ ْﻦِﻣ ُﻩﺎَﻨْﻠَّﻠَﻫ ﺎَﻣَﻭ ُﻪﻠﻟﺍ َّﻻِﺇ َﻪﻟِﺇ َﻻ ِﻝْﻮَﻗ ِﻪﻠﻟﺍ َﻥﺎَﺤْﺒُﺳ ِﻝْﻮَﻗَﻭ ﺎَﻣَﻭ ِﻩِﺪْﻤَﺤِﺑَﻭ ﻰَﻠَﻋ ُﻩﺎَﻨْﻴَّﻠَﺻ ُﻪﻠﻟﺍ ﻰَّﻠَﺻ ِّﻲِﺒَّﻨﻟﺍ ﻰِﻓ ْﻢَّﻠَﺳَﻭ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ِﺲِﻠْﺠَﻤﻟْﺍﺍَﺬﻫ ًﺔَّﻳِﺪَﻫ ِﻙَﺭﺎَﺒُﻤﻟْﺍ ﻰَﻟِﺇ ًﺔَﻠِﺻﺍَﻭ َﺎﻧِﺪِّﻴَﺳ ِﺓَﺮْﻀَﺣ َﺎﻨَﻟْﻮَﻣَﻭ َﺎﻨِّﻴِﺒَﻧَﻭ ﻰَﻟِﺇ َّﻢُﺛ ٍﺪَّﻤَﺤُﻣ ِﻪِﺋَﺎﺑﺃ ِﺡﺍَﻭْﺭَﺃ َﻦِﻣ ِﻪِﻧﺍَﻮْﺧِﺇَﻭ ِﺀﺎَﻴِﺒْﻧَﻷْﺍ َﻦْﻴِﻠَﺳْﺮُﻤﻟْﺍَﻭ ِﻪِﺑﺎَﺤْﺻَﺃ َﻭ ِﻪِﻟَﺃَﻭ ِﻪِﺟﺍَﻭْﺯَﺃَﻭ ِﻪِﺗﺎَّﻳِّﺭُﺫَﻭ ِﻪِﺘْﻴَﺑ ِﻞْﻫَﺃَﻭ َﻦْﻴِﻌَﻤْﺟَﺃ ِﺀﺎَﻔَﻠُﺨﻟْﺍَﻭ َﻦْﻳِﺪِﺷﺍَّﺮﻟﺍ ِﺔَّﻤِﺋَﻷﺍَﻭ َﻦْﻳِﺪِﻬَﺘْﺠُﻤﻟْﺍ ِﺀﺎَﻤَﻠُﻌﻟْﺍَﻭ ِﻞْﻫَﺃَﻭ َﻦْﻴِﻠِﻣﺎَﻌﻟْﺍ َﻚِﺘَﻋﺎَﻃ . َﻦْﻴِﻌَﻤْﺟَﺃ ﻰﻟِﺇ ﺎًﺻْﻮُﺼُﺧَﻭِﺡْﻭُﺭ ) ُﻦْﺑِﺇ ْﻥﺎَﻠُﻓ ْﻥﺎَﻠُﻓ ( َّﻢُﻬّﻠﻟَﺃ ُﻪَﻟ ًﺀﺍَﺪِﻓ ُﻪْﻠَﻌْﺟﺍ ًﺎﻛﺎَﻜِﻓَﻭ ِﺭﺎَّﻨﻟﺍ َﻦِﻣ . ِﺭﺎَّﻨﻟﺍ َﻦِﻣ ْﻢُﻬَﻟ ْﻢُﻬَﻟْﺮِﻔْﻏﺍ َّﻢُﻬّﻠﻟَﺃ ُﻒْﻋﺍَﻭ ْﻢِﻬِﻓﺎَﻋَﻭ ﺎَﻨْﻳِﺪِﻟﺍَﻭَﻭ ْﻢُﻬْﻨَﻋ ْﻢِﻬْﻳِﺪِﻟﺍَﻭَﻭ ِﻊْﻴِﻤَﺠِﻟَﻭ َﻦْﻴِﻤِﻠْﺴُﻤﻟْﺍ ﺎَﻳ َﻚِﺘَﻤْﺣَﺮِﺑ . َﻦْﻴِﻤِﺣﺍَّﺮﻟﺍ َﻢَﺣْﺭَﺃ َّﺰِﻋَﺃ َّﻢُﻬّﻠﻟَﺃ َﻭ َﻡﺎَﻠْﺳِﻹْﺍ َﻦْﻴِﻤِﻠْﺴُﻤﻟْﺍ َﺓَﺮَﻔَﻜﻟْﺍ ِﻚِﻠْﻫَﺃَﻭ , َﻦْﻴِﻛِﺮْﺸُﻤﻟْﺍَﻭ َﺀﺍَﺪْﻋَﺃ ْﺮِّﻣَﺩَﻭ ِﻞْﻋَﺃَﻭ ِﻦْﻳِّﺪﻟﺍ ِﻡْﻮَﻳ ﻰﻟِﺇ َﻚَﺘَﻤِﻠَﻛ َّﻢُﻬّﻠﻟَﺃ , ِﻦْﻳِّﺪﻟﺍ , ﺎَﻧِﺭْﻭُﺩ ْﻰِﻓ ﺎَّﻨِﻣَﺃ َﺓﺎَﻟَﻭ ْﺢِﻠْﺻَﺃَﻭ ِﻞَﻌْﺟﺍَﻭ ﺎَﻧِﺭْﻮُﻣُﺃ ﺎَﻨَﺘَﻳﺎَﻟِﻭ َّﻢُﻬّﻠﻟﺍ َﻑﺎَﺧ ْﻦَﻤْﻴِﻓ َّﻢُﻬّﻠﻟَﺃ . َﻙﺎَﻘَّﺗﺍَﻭ ﺎَﻨَﻧﺎَﻄْﻠُﺳ ْﺮُﺼْﻧﺍ َﻥﺎَﻄْﻠُﺳ , َﻦْﻴِﻤِﻠْﺴُﻤﻟْﺍ ُﻩَﺀﺍَﺭَﺯُﻭ ْﺮُﺼْﻧﺍَﻭ ُﻩَﺀَﻼَﻛُﻭَﻭ ُﻩَﺮِﻛﺎَﺴَﻋَﻭ ﻰَﻟِﺇ ُﻩَﺀﺎَﻤَﻠُﻋَﻭ .ِﻦْﻳِّﺪﻟﺍ ِﻡْﻮَﻳ َﺔَﻣَﻼَّﺴﻟﺍ ِﺐُﺘْﻛﺍَﻭ ﺎَﻨْﻴَﻠَﻋ َﺔَﻴِﻓﺎَﻌﻟْﺍَﻭ ِﺝﺎَّﺠُﺤﻟْﺍ ﻰَﻠَﻋَﻭ ِﺓﺍَﺰُﻐﻟْﺍَﻭ َﻦْﻳِﺮِﻓﺎَﺴُﻤﻟْﺍَﻭ ﻰِﻓ َﻦْﻴِﻤْﻴِﻘُﻤﻟْﺍَﻭ ﺎَّﻴِﺴْﻴَﻧْﻭُﺪْﻧِﺇ َﻦِﻣ ْﻢِﻫِﺮْﻴَﻏَﻭ َﻦْﻴِﻤِﻠْﺴُﻤﻟْﺍ َﻢَّﻠَﺳَﻭ ُﻪﻠﻟﺍ ﻰَّﻠَﺻَﻭ َﺎﻧِﺪِّﻴَﺳ ﻰَﻠَﻋ ِﻪِﻟﺃَﻭ ٍﺪَّﻤَﺤُﻣ ِﻪِﺒْﺤَﺻَﻭ َﻦْﻴِﻌَﻤْﺟَﺃ ِّﺏَﺭ ِﻪّﻠِﻟ ُﺪْﻤَﺤﻟْﺍَﻭ َﻦْﻴِﻤَﻟﺎَﻌﻟْﺍ ﻦﻴﻣﺃ

Alat musik Tradisional Sulawesi Selatan

Gendang Seperti yang pernah saya tulis
di artikel sebelumnya.
Gendang adalah alat musik
jenis pukul yang dimainkan
dengan tangan. Gendang
terbuat dari kayu berongga yang kedua ujung atau salah
satu ujungnya ditutup dengan
kulit yang diregangkan
sehingga akan mengeluarkan
bunyi jika dipukul. Rebana Rebana juga hampir sama
dengan gendang, bedanya
adalah gendang dibuat lebih
memanjang, sedangkan
Rebana dibuat pipih dan
biasanya berdiamater lebih besar dibandingkan dengan
Gendang. Alat musik rebana
ini juga dibuat dari bahan kulit
dan kayu. Serunai Serunai adalah alat musik tiup
yang biasa dibuat dari bambu
kecil. Serunai juga merupakan
salah satu alat musik
tradisional Sulawesi Selatan. Gong Sama dengan Provinsi
Sulawesi Tenggara, Gong juga
ada di Sulawesi Selatan. Alat
musik yang terbuat dari
logam yang mengeluarkan
suara “Gong..Gong” ini ketika dipukul juga sering digunakan
untuk acara pentas seni dan
adat istiadat di Sulawesi
Selatan. Kentongan Masih sejenis alat musik pukul
yang tidak memiliki tangga
nada, kentongan biasanya
dibuat dari kayu atau bambu
yang dimainkan dengan cara
diketuk dengan alat pengetuk kentongan. Kenong Nama alat musik yang satu ini
mungkin agak kurang
populer di telinga kita. Namun
sebenarnya Kenong ini adalah
hampir sama dengan Gong.
Hanya saja dalam musik gamelan, gong yang paling
besar dan paling gemuk
biasanya disebut Kenong. Kecapi Kecapi merupakan salah satu
alat musik petik yang
mungkin cara memainkannya
sedikit sulit untuk dipelajari
dibanding dengan alat musik
lainnya di atas. Kecapi biasanya digunakan untuk
memperkaya suara-suara
yang dihasilkan dalam musik-
musik tradisional. Kecapi
memiliki beberapa senar yang
dimainkan dan dipetik secara horizontal. Kecapi juga
termasuk menjadi alat musik
tradisional Sulawesi Selatan.

Puisi Untuk Tuhan

Ya Allah…
Tak apalah bila aku ini tak
secantik mereka
Dapat terlihat cantik di mata-
Mu dan suamiku kelak
cukuplah itu bagiku Ya Rabb…
Aku tak takut bila mataku
hanya dapat melihat gelap
Karena sesungguhnya aku
lebih takut apabila Engkau
membutakan hatiku Ya Illah…
Mungkin aku pernah takut
jatuh cinta karena aku takut
bersedih dan patah hati
Namun aku tak pernah takut
untuk mencintai-Mu Karena hanya Engkaulah yang
tak akan mematahkan hatiku
dan membuatku bersedih Ya Rahman…
Berikanlah aku cinta yang
juga mencintai-Mu
Karena aku ingin cintaku
dapat membawaku untuk
semakin mencintai-Mu karena sungguh aku takut Ya
Allah bila aku kehilangan
cinta-Mu bila aku berpaling
atas cinta fanaku Ya Rabbul Izzati
Bantu aku menjaga hatiku
agar ia tetap kaffah
menjalankan perintahmu
karena tak akan mampu aku
yang lemah ini melakukan segalanya bila tanpa-Mu Ya Allah…
Tak apalah bila aku ini tak
berharta karena aku takut
tak sanggup menjaganya
karena aku takut hartaku
yang berlimpah akan membuatku kufur dan lalai
Namun jadikanlah aku dapat
berbagi walau dalam
kekurangan

PUISI SAHABAT TERBAIKKU

Sahabat …
di saat kita nikmati kebersamaan banyak hal yang terlewat kan begitu saja
keceriaan, canda dan tawa semuanya mengalir begitu saja
waktu yang tersisah seolah tak mampu menampung nya dan waktu yang sangatlah singkat membuat ku teringat kepada mu sahabat .. Semua kenangan – kenangan itu tak terasa ,pergi meninggalkan segala kegembiraan
serta canda dan tawa mu satu persatu hilang sekejap mata
ada beribu senyum saat terlintas memory yang dulu
kala Sahabat …
semua yang pernah kita jalani hari demi hari , waktu
demi waktu telah kita lalui semuanya. Banyak hal yg pernah terjadi karena itulah jalan hidup yang kita miliki
kadang benci, kesal ,dan kecewa serta rasa senang dan sayang
sungguh luar biasa , apa yang telah kita lalui bersama .. Ya Tuhan …
jagalah dan lindungilah
sahabat-sahabat ku
karena mereka adalah sahabat terbaiku selamanya
# MY BEST FRIEND FOREVER

:Merindukanmu

Setiap jejak langkahmu ku ikuti
Kemanapun kau pergi ku selalu menemani
ku tahu langkah demi langkah yang kau jejaki
Karena aku selalu berada disampingmu

Namun sekarang hanya langkahku
Jejak kaki mungil yang tak berteman
Sendiri melangkah ke depan
Tanpa jejakmu menemani jejakku

Namun ku tahu rencana Tuhan
Kita akan dipertemukan nanti
Ditempat yang lebih indah tentunya
Dan kita akan melangkah bersama lagi
Kepergianmu
April 10, 2014 112251 Leave a comment

Sungguh ku tak terima ini
Ku tak percaya dengan ini
Kenapa kau secepat ini
Kenapa,,,? Kenapa,,, ?

Haruskah aku pergi menemanimu
Tinggal di satu atap yang sama
Dan kita hadapi semua

Apalah arti cintaku tanpamu
Hampa hidup yang ku rasa
Ditemani bayangan semu tentangmu

彡★。。 13-TANDA-TANDA AKHIR ZAMAN ITU, TELAH TERJADI DI SEKELILING KITA, 。。★彡

彡★。。 13-TANDA-TANDA AKHIR ZAMAN ITU,
TELAH TERJADI DI SEKELILING KITA, 。。★彡

TANDA-tanda qiamat kecil terbagi menjadi dua: Pertama, kejadian sudah muncul dan sudah selesai, seperti diutusnya Rasulullah saw., terbunuhnya Utsman bin ‘Affan, terjadinya fitnah besar antara dua kelompok orang beriman dll. kedua, kejadiannya sudah muncul tetapi belum selesai bahkan semakin bertambah, seperti tersia-siakannya amanah, terangkatnya ilmu, merebaknya perzinahan dan pembunuhan, banyaknya wanita dll .

Diantara tanda-tanda qiamat kecil adalah:

1. Diutusnya Rasulullah saw. Dari Jabir ra berkata:”Adalah Rasulullah saw. jika beliau khutbah memerah matanya, suaranya keras, dan penuh dengan semangat seperti panglima perang, beliau bersabda:” (Hati-hatilah) dengan pagi dan sore kalian”, beliau melanjutkan:” Aku diutus dan hari Kiamat seperti ini” Rasulullah saw mengibaratkan seperti dua jarinya antara telunjuk dan jari tengah. (HR Muslim)

2. Disia-siakannya amanat. Dari Jabir ra. berkata, tatkala Nabi saw. berada dalam suatu majelis sedang berbicara dengan sahabat, maka datanglah orang Arab Badui dan berkata :Kapan terjadi Kiamat ? » Rasulullah saw. terus melanjutkan pembicaraannya. Sebagian sahabat berkata : » Rasulullah saw. mendengar apa yang ditanyakan tetapi tidak menyukai apa yang ditanyakannya « . Berkata sebagian yang lain : » Rasul saw. tidak mendengar”. Setelah Rasulullah saw. menyelesaikan perkataannya, beliau bertanya:” Mana yang bertanya tentang Kiamat ?” Berkata lelaki Badui itu:” Saya wahai Rasulullah saw. “. Rasul saw. berkata:” Jika amanah disia-siakan , maka tunggulah Kiamat”. Bertanya:” Bagaimana menyia-nyiakannya?”. Rasul saw. menjawab:” Jika urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah Kiamat” (HR Bukhari)

3. Penggembala menjadi kaya, Rasulullah saw. ditanya oleh Jibril tentang tanda-tanda qiyamat, lalu beliau menjawab:” Seorang budak melahirkan majikannya, dan engkau melihat orang-orang yang tidak beralas kaki, telanjang dan miskin penggembala binatang berlomba-lomba saling tinggi dalam bangunan” (HR Muslim).

4. Sungai Efrat berubah menjadi emas . Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda : » Tidak akan terjadi Kiamat sampai sungai Eufrat menghasilkan gunung emas, manusia berebutan tentangnya. Dan setiap seratus 100 terbunuh 99 orang. Dan setiap orang dari mereka berkata:” Barangkali akulah yang selamat” (Muttafaqun ‘alaihi)

5. Baitul Maqdis dikuasai umat Islam. “Ada enam dari tanda-tanda Kiamat: kematianku (Rasul saw.), dibukanya Baitul Maqdis, seorang lelaki diberi 1000 dinar, tapi dia membencinya, fitnah yang panasnya masuk pada setiap rumah muslim, kematian menjemput manusia seperti kematian pada kambing dan khianatnya bangsa Romawi, sampai 80 poin, dan setiap poin 12.000” (HR Ahmad dan At-Tabrani dari Muadz).

6. Banyak terjadi pembunuhan. Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda : » Tiadak akan terjadi qiamat, sehingga banyak terjadi haraj ». Sahabat bertanya apa itu haraj ya Rasulullah ? » Rasul saw. menjawab : » Haraj adalah pembunuhan, pembunuhan » (HR Muslim)

7. Munculnya kaum Khawarij. Dari Ali ra. berkata, saya mendengar Rasulullah saw. bersabda : “akan keluar di akhir zaman kelompok orang yang masih muda, bodoh, mereka mengatakan sesuatu dari firman Allah. Keimanan mereka hanya sampai ditenggorokan mereka. Mereka keluar dari agama seperti anak panah keluar dari busurnya. Dimana saja kamu jumpai, maka bunuhlah mereka. Siapa yang membunuhnya kan mendapat pahala di hari Kiamat” (HR Bukhari).

8. Banyak Polisi dan pembela kezhaliman. “Diakhir zaman banyak polisi dipagi hari melakukan sesuatu yang dimurkai Allah, dan di sore hari melakukan sesutu yang dibenci Allah. Hati-hatilah engkau jangan sampai menjadi teman mereka” (HR At-Tabrani)

9. Perang antara Yahudi dan Umat Islam. Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw bersabda:” Tidak akan terjadi kiamat sehingga kaum muslimin berperang dengan yahudi. Maka kaum muslimin membunuh mereka sampai ada seorang yahudi bersembunyi dibelakang batu-batuan dan pohon-pohonan. Dan berkatalah batu dan pohon:”wahai muslim wahai hamba Allah ini yahudi dibelakangku, kemari dan bunuhlah ia kecuali pohon Ghorqod karena ia adalah pohon Yahudi” (HR Muslim)

10. Dominannya Fitnah . Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. Bersabda : » Tidak akan terjadi Kiamat, sampai dominannya fitnah, banyaknya dusta dan berdekatannya pasar »(HR Ahmad).

11. Sedikitnya ilmunya, Merebaknya perzinahan, Banyaknya kaum wanita. Dari Anas bin Malik ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda:“ Sesungguhnya diantara tanda-tanda qiamat adalah ilmu diangkat, banyaknya kebodohan, banyaknya perzinahan, banyaknya orang yang minum khomr, sedikit kaum lelaki dan banyak kaum wanita, sampai pada 50 wanita hanya ada satu lelaki”(HR Bukhari)

12. Bermewah-mewah dalam membangun masjid. Dari Anas ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda:” Diantara tanda Kiamat adalah bahwa manusia saling membanggakan dalam keindahan masjid” (HR Ahmad, An-Nasa’i dan Ibnu Hibban)

13. Menyebarnya riba dan harta haram. Dari Abu Hurairah ra. berkata, rasulullah saw. Bersabda : » Akan datang pada manusia suatu waktu, setiap orang tanpa kecuali akan makan riba, orang yang tidak makan langsung, pasti terkena debu-debunya » (HR Abu Dawud, Ibnu Majah dan Al-Baihaqi)

Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. Bersabda : » Akan datang pada manusia suatu saat dimana, seseorang tidak peduli dari mana hartanya didapat, apakah dari yang halal atau yang haram

puisi persahabatan

KETIKA SAHABAT MENJADI CINTA
Puisi Nurul Laili

Kebahagian sebuah pertemnan kini
telah berubah menjadi keindahan sebuah kisah cinta. .
yang dulunya bertengkar sekarang menjadi damai akan hadirnya Cinta
dan pernah ada yang menyangka bahwa
Sebuah pertemanan bisa menjadi sebuah percintaan. . .

Dan mungkin semua orang tau,
Bahwa cinta itu berawal dari sebuah pertemanan. .

keindahan sebuah persahabatan lebih indah jika
di tambah dengan sebuah kisah Cinta antara dua makhluk
yang saling mengkasihi. . .

╰☆╮MUNCULNYA ORANG YANG MENGAKU SEBAGAI NABI, MERATANYA RASA AMAN, DAN MUNCULNAYA API HIJAJ,╰☆╮

╰☆╮MUNCULNYA ORANG YANG MENGAKU SEBAGAI NABI,
MERATANYA RASA AMAN, DAN MUNCULNAYA API HIJAJ,╰☆╮

MUNCULNYA ORANG YANG MENGAKU SEBAGAI NABI

Di antara tanda-tanda Kiamat yang telah nampak adalah munculnya para pendusta yang mengaku sebagai Nabi. Jumlah mereka mendekati tiga puluh pendusta. Sebagian dari mereka telah muncul pada zaman Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, juga pada zaman Sahabat dan orang yang semisal mereka senantiasa muncul.

Batasan di dalam hadits-hadits tersebut tidaklah bermakna bagi setiap orang yang mengaku sebagai Nabi secara mutlak, sebab mereka yang seperti itu banyak dan tidak terhingga, tetapi yang dimaksud dalam hadits adalah orang yang (mengaku sebagai Nabi) lagi memiliki kekuatan, banyak pengikutnya dan terkenal di kalangan manusia.

{ Lihat Fat-hul Baari (VI/617 }

Dijelaskan dalam ash-Shahiihain dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يُبْعَثَ دَجَّالُونَ كَذَّابُونَ قَرِيبٌ مِنْ ثَلاَثِينَ، كُلُّهُمْ يَزْعُمُ أَنَّهُ رَسُولُ اللهِ.

“Tidak akan terjadi hari Kiamat hingga dibangkitkan ‘dajjal-dajjal’ (para
pendusta) yang jumlahnya mendekati tiga puluh, semuanya mengaku bahwa mereka adalah utusan Allah.”

{ Shahiih al-Bukhari, kitab al-Manaaqib bab ‘Alaamatun Nubuwwah (VI/616, al-Fat-h), dan Shahiih Muslim, kitab al-Fitan wa Asyraatus Saa’ah (XVIII/45-46, Syarh an-Nawawi }

Dan diriwayatkan dari Tsauban Radhiyallahu anhu, dia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَلْحَقَ قَبَائِلُ مِنْ أُمَّتِي بِالْمُشْرِكِينَ، وَحَتَّى يَعْبُدُوا اْلأَوْثَانَ، وَإِنَّهُ سَيَكُونُ فِي أُمَّتِيْ ثَلاَثُوْنَ كَذَّابُونَ كُلُّهُمْ يَزْعُمُ أَنَّهُ نَبِيٌّ، وَأَنَا خَاتَمُ النَّبِيِّيْنَ، لاَ نَبِيَّ بَعْدِيْ.

‘Tidak akan terjadi hari Kiamat hingga beberapa kelompok dari umatku mengikuti kaum musyrikin dan hingga mereka menyembah berhala, dan sesungguhnya akan ada pada umatku tiga puluh orang pendusta, semuanya mengaku bahwa ia adalah seorang Nabi, padahal aku adalah penutup para Nabi, tidak ada Nabi setelahku.’”

{ Sunan Abi Dawud (XI/324, ‘Aunul Ma’buud), dan at-Tirmidzi (VI/466, Tuhfatul Ahwadzi), dan beliau berkata, “Ini adalah hadits shahih.”}

Hadits-hadits tentang kemunculan ‘dajjal-dajjal’ (para pendusta) seperti ini banyak jumlahnya. Di dalam sebagian riwayatnya dijelaskan dengan redaksi yang pasti bahwa mereka berjumlah tiga puluh orang, sebagaimana diungkap dalam hadits Tsauban. Dan di dalam riwayat lainnya bahwa jumlah mereka mendekati tiga puluh orang, sebagaimana dijelaskan di dalam ash-Shahiihain. Kemungkinan riwayat Tsauban diungkapkan dengan cara pembulatan, yaitu sebanyak 30 orang.

Di antara pendusta yang telah muncul dari ketiga puluh pendusta itu adalah Musailamah al-Kadzdzab, dia mengaku sebagai Nabi di akhir-akhir zaman Nabi Shallallahu ‘alaihi wa salalm. Rasul pernah mengirim surat kepadanya dan menamakannya ‘Musailamah al-Kadzdzab’ (si pendusta). Pengikutnya banyak dan kejahatannya semakin menjadi terhadap kaum muslimin, sehingga para Sahabat memeranginya di zaman Abu Bakar ash-Shiddiq Radhiyallahu anhu pada perang Yamamah yang masyhur.

Demikian pula muncul al-Aswad al-‘Anasi di Yaman. Dia mengaku sebagai Nabi, lalu para Sahabat membunuhnya sebelum Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat.

Muncul pula Sajah yang mengaku sebagai Nabi dan dinikahi oleh Musailamah. Tatkala Musailamah mati dibunuh, dia (Sajah) kembali memeluk Islam.

Demikian pula Thulaihah bin Khuwailid yang mengaku sebagai Nabi, kemudian bertaubat dan kembali memeluk Islam lalu baiklah keislamannya.

Kemudian muncul al-Mukhtar bin Abi ‘Ubaid ats-Tsaqafi, ia menampakkan kecintaan kepada Ahlul Bait dan menuntut balas atas pembunuhan Husain. Pengikutnya bertambah banyak sehingga dia bisa menguasai Kufah di awal kekhilafahan Ibnuz Zubair. Kemudian syaitan menyesatkannya sehingga dia mengaku sebagai Nabi dan Jibril turun kepadanya (menyampaikan wahyu).

{ Lihat Fat-hul Baari (VI/617) }

Di antara hal yang memperkuat bahwa dia termasuk para pendusta adalah riwayat Abu Dawud setelah beliau menyebutkan hadits Abu Hurairah yang terdapat dalam ash-Shahiihain tentang para pendusta (Dajjal): “Diriwayatkan dari Ibrahim an-Nakha’i sesungguhnya beliau berkata kepada ‘Ubaidah as-Salmani,

{ Ubaidah as-Salmani al-Maradi al-Kufi al-Faqih al-Mufti, masuk Islam ketika Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam masih hidup, berjumpa dengan ‘Ali dan Ibnu Mas’ud c. Asy-Sya’bi berkata tentangnya, “Dia adalah orang yang menyamai (hakim) Syuraih dalam masalah hukum.” Lihat biografinya dalam kitab Syadza-raatudz Dzahab (I/78-79) }

“Apakah engkau melihat bahwa dia termasuk di dalam golongan mereka, -maksudnya al-Mukhtar-?” Dia menjawab, Ubaidah berkata, “Adapun dia termasuk para pemimpinnya.”

{ Sunan Abi Dawud (XI/486, ‘Aunul Ma’buud) }

Di antara mereka adalah al-Harits al-Kadzdzab. Muncul pada masa khilafah ‘Abdul Malik bin Marwan, lalu dia dibunuh.

Lalu pada masa khilafah ‘Abbasiyyah keluar sekelompok orang (yang mengaku Nabi).

{ Fat-hul Baari (VI/617) }

Di masa kini muncul Mirza Ahmad al-Qadiyani di India. Dia mengaku sebagai Nabi dan mengaku sebagai al-Mahdi yang ditunggu-tunggu. Dia juga berkeyakinan bahwa Nabi ‘Isa Alaihissallam tidak hidup di langit… dan keyakinan-keyakinan bathil lainnya. Sehingga dia memiliki para pengikut dan pembela. Banyak ulama yang menentangnya, membantahnya, serta menjelaskan bahwa dia adalah salah satu dari para pendusta (Dajjal) yang diperingatkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Para pendusta seperti itu akan terus bermunculan satu persatu, hingga akhirnya akan keluar Dajjal yang buta sebelah (yang sesungguhnya). Imam Ahmad meriwayatkan dari Samurah bin Jundub Radhiyallahu anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tatkala terjadi gerhana matahari:

وَإِنَّهُ -وَاللهِ- لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّـى يَخْرُجَ ثَلاَثُونَ كَذَّابًا آخِرُهُـمُ اْلأَعْوَرُ الْكَذَّابُ.

“Sesungguhnya -demi Allah- tidak akan terjadi hari Kiamat hingga keluar tiga puluh pendusta, terakhir dari mereka adalah si buta sebelah (picek) sang pendusta (Dajjal).”

{ Musnad Ahmad (V/16, dengan catatan pinggir Muntakhab Kanzul ‘Ummal) }

Dan di antara para pendusta (Dajjal) ini adalah empat wanita. Al-Imam Ahmad meriwayatkan dari Hudzaifah Radhiyallahu anhu, bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

فِي أُمَّتِـي كَذَّابُوْنَ وَدَجَّالُوْنَ سَبْعَةٌ وَعِشْرُوْنَ مِنْهُمْ أَرْبَعُ نِسْوَةٍ وَإِنِّي خَاتَمُ النَّبِيِّينَ لاَ نَبِيَّ بَعْدِي.

“Pada umatku ada dua puluh tujuh para pendusta, di antara mereka empat orang wanita, dan sesungguhnya aku adalah penutup para Nabi, tidak ada Nabi setelahku.” [9]

{ Musnad Ahmad (V/396), hadits ini shahih.
Lihat Shahiih al-Jaami’ish Shaghiir (IV/97, no. 4134).
Al-Haitsami berkata, “Diriwayatkan oleh Ahmad, ath-Thabrani dalam al-Kabiir, dan al-Ausath, al-Bazzar, dan perawi al-Bazzar adalah perawi yang shahih.” (Majma’uz Zawaa-id VII/332) }

MERATANYA RASA AMAN

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَسِيرَ الرَّاكِبُ بَيْنَ الْعِرَاقِ وَمَكَّةَ لاَ يَخَافُ إِلاَّ ضَلاَلَ الطَّرِيقِ.

‘Tidak akan terjadi Kiamat hingga seseorang yang berkendaraan berjalan di antara Irak dan Makkah tidak merasa takut kecuali (rasa takut) tersesat di jalan.’” [1]

{ Musnad Ahmad (II/370-371 -dengan catatan pinggir Muntakhab al-Kanz).
Al-Haitsami berkata, “Diriwayatkan oleh Ahmad, dan perawinya adalah perawi ash-Shahiih.” (Majma’uz Zawaa-id VII/331) }

Hal ini terjadi pada zaman Sahabat Radhiyallahu anhum. Hal itu ketika Islam dan keadilan meliputi seluruh negeri yang ditaklukkan oleh kaum muslimin.

Hal ini diperkuat dengan hadits ‘Adi Radhiyallahu anhu, ketika Nabi bertanya kepadanya:

يَا عَدِيُّ! هَلْ رَأَيْتَ الْحِيرَةَ؟ قُلْتُ لَمْ أَرَهَـا، وَقَدْ أُنْبِئْتُ عَنْهَا. قَالَ: فَإِنْ طَالَتْ بِكَ حَيَـاةٌ لَتَرَيَنَّ الظَّعِينَةَ تَرْتَحِلُ مِنَ الْحِيرَةِ حَتَّى تَطُوفَ بِالْكَعْبَةِ لاَ تَخَافُ أَحَدًا إِلاَّ اللهَ…

“Wahai ‘Adi, apakah engkau melihat (kota) al-Hirah?” “Aku tidak melihatnya, tetapi aku telah mendapatkan berita tentangnya,” jawabku. Beliau bersabda, “Jika umurmu panjang, niscaya engkau akan melihat seorang wanita melakukan perjalanan dari al-Hirah hingga dia melakukan thawaf di sekeliling Ka’bah dengan tidak merasa takut kepada seorang pun kecuali Allah….”{ Telah terdahulu takhrijnya }

Hal ini pun akan terjadi pada masa al-Mahdi dan Nabi ‘Isa Alaihissallam ketika keadilan telah meliputi tempat yang penuh dengan kezhaliman.

MUNCULNYA API HIJAJ

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّـى تَخْرُجَ نَارٌ مِنْ أَرْضِ الْحِجَازِ تُضِيءُ أَعْنَـاقَ اْلإِبِلِ بِبُصْرَى.

“Tidak akan terjadi hari Kiamat hingga keluar api dari tanah Hijaj yang menerangi leher-leher unta di Bushra.”

{ Bushra dengan huruf ba yang didhammahkan, akhirnya adalah alif maqsuurah, nama sebuah kota yang terkenal di Syam, dinamakan pula Hauran, jarak antara kota tersebut dengan Damasqus adalah tiga malam perjalanan.
Lihat kitab Mu’jamul Buldaan (I/441), Syarh an-Nawawi (XVIII/30), dan Fat-hul Baari (XIII/80) }

Api ini telah muncul pada pertengahan abad ke tujuh Hijriyyah, tepatnya pada tahun 654 H. Api tersebut sangat besar dan para ulama yang hidup pada masa itu juga setelahnya banyak mengomentari sifat api tersebut.

{ Shahiih al-Bukhari, kitab al-Fitan bab Khuruujun Naar (XIII/78, al-Fat-h), dan Shahiih Muslim, kitab al-Fitan wa Asyraatus Saa’ah (XVIII/30, Syarh an-Nawawi }

An-Nawawi rahimahullah berkata, “Pada masa kami muncul api di Madinah pada tahun 654 H. Api tersebut sangat besar, muncul dari arah timur Madinah di belakang al-Harrah. Telah beredar berita tentangnya secara mutawatir di kalangan penduduk Syam juga negeri-negeri lainnya, dan telah memberikan kabar kepadaku seseorang yang menyaksikannya dari penduduk Madinah.”

{ Syarh Muslim, karya an-Nawawi (XVIII/28 }

Ibnu Katsir rahimahullah menukil lebih dari satu orang badui di kalangan orang Bushra bahwa mereka dapat melihat leher-leher unta dengan cahaya api yang muncul di tanah Hijaz. [4]

{ Lihat an-Nihaayah/al-Fitan wal Malaahim (I/14) tahqiq Dr. Thaha Zaini, dan lihat al-Bidaayah wan Nihaayah (XIII/187-193 }

Al-Qurthubi rahimahullah telah menyebutkan munculnya api ini, dan beliau menjelaskan dengan rinci dalam kitab at-Tadzkirah

{ Lihat at-Tadzkirah (hal. 636 }

Lalu beliau menuturkan bahwa api tersebut bisa dilihat dari Makkah dan dari gunung Bushra.

Ibnu Hajar rahimahullah berkata, “Dan yang nampak bagiku (kebenarannya) bahwa api yang disebutkan… adalah api yang nampak di pinggiran kota Madinah, sebagaimana difahami oleh al-Qurthubi dan selainnya.”

{ Fat-hul Baari (XIII/79 }

Api ini bukanlah api yang muncul di akhir zaman, yang mengumpulkan manusia di tempat berkumpul mereka, sebagaimana akan dijelaskan dalam pembahasan tanda-tanda Kiamat yang besar

Oleh
Dr. Yusuf bin Abdillah bin Yusuf al-Wabil

[Disalin dari kitab Asyraathus Saa’ah, Penulis Yusuf bin Abdillah bin Yusuf al-Wabil, Daar Ibnil Jauzi, Cetakan Kelima 1415H-1995M, Edisi Indonesia Hari Kiamat Sudah Dekat, Penerjemah Beni Sarbeni, Penerbit Pustaka Ibnu Katsir]

Just another Blog MTsN Baranti Sites site

Featuring WPMU Bloglist Widget by YD WordPress Developer